News Update :

Belajar Bahasa Korea

Selasa, 26 Februari 2013



Mari mari kita belajar bahasa korea hari ini...

mianhe lama bgt nih terbitnya, cz aq juga sekalian nyari kata2 baru,

xixixixi ^^v



sebelumnya, ini aku post lagi Beberapa Arti Bahasa Korea Part 1 dan 2 nya.. ^^



berikut ini beberapa arti kata korea yg sering kt gunakan.

semoga bermanfaat !! :)



chingu : teman ( biasanya utk yg lebih dekat )

babo : bodoh

mianhae : maaf

mianhamnida : maaf ( lbh formal, biasanya digunakan pd org yg lebih tua )

annyeong haseyo : halo ( ucapan salam, di gunakan untuk menyapa / memberi salam )

annyeong hi-gyeseyo : selamat tinggal

sillyehamnida : permisi

hyung : kakak laki2 ( di gunakan untuk laki2 memanggil kakak laki2 )

noona : kakak perempuan ( di gunakan untuk laki2 memanggil kakak perempuan )

eonnie : kakak perempuan ( di gunakan untuk perempuan memanggil kakak perempuan )

oppa : kakak laki2 ( di gunakan untuk perempuan memanggil kakak laki2, biasanya jg kpd pacar )

eomma : ibu ( biasanya untuk umur yg msh di bawah remaja )

appa : ayah

ahjussi : paman

kansahamnida : terima kasih ( formal )

gomaweo : terima kasih ( non-formal )

cheonmaneyo : sama - sama

saengil chukkahamnida : selamat ulangtahun

yeoboseyo : halo ( di gunakan saat mengangkat telepon )

ne / ye : iya

aniyo : tidak

andwae : bukan / tidak ( yg bener yg mana ya ? )

wae : kenapa ?

sesang : dunia

cheoreom : seperti

giok : ingatan

onje : kapan ?

nomu : juga

jigum / chigum : sekarang

haengbokhaeyo : bahagia

jakku : lagi

imi : siap

dashi : lagi ( kurang tau apa perbedaannya sm jakku )

jeongmal / chongmal : benar / sungguh / kenyataan

arayo / arasho : tau

jebal : tolong / please

nun : mata

mori : kepala

moriga : sakit kepala

shimjang : hati

yonin : pasangan

yonae : kencan

namjachingu : pacar laki2

yeojachingu : pacar perempuan

namja : pria

yeoja : perempuan

mi-ting : kencan buta

yakhon : peraturan

gyo-ron : menikah

sir-yon : sakit hati

ije / ijen : sekarang

nul : selalu

na : saya

shipo : harap

hamkke : bersama

irohke : seperti ini

saram : orang

no : kamu ( informal )

noye : kamu

sarang : cinta

hwa jang sil : toilet

eotteokhae : bagaimana ?

mwo : apa ?

nugu : siapa ?

odi : dimana ?



*kalau ada yg salah, mohon dibenerin ya chingu !! kasih tau aq jg kata2 lain yg kalian tau, biar kt bs share ^^, gomaweo*



ini koment2 dari member, sekaligus tambahan + koreksi ^^v

from : AnNandhaa Skullhonq'kibummine CalmFishyelf *aq koreksi sdikit ya ^^

jinjja : benarkah ??

Miinaa : cantik

Boishe : ganteng / tampan

boshe'da / boshe'ta : keren

uri : kita

kka / kajja : ayo !

Anjangsaeyo ( ga tao bner ap ga tlisan'a ) : silahkan duduk ! ( non formal )

jewaill : aku sayang kamu

wegure : kenapa ? Ada apa ?



from : Anjellics Ditta Radinka

cinta : sarang

kamu : ye

kata : wodeu

apa : museun

yang : eoneu

butuhkan : pil-yohabnida



from : Ruu Lee Schweitz

"aku : nae", dlm bhs formal "aku/saya : na-nûn".

Dia ( formal ) : gû-nûn ( laki2 ), gû-nyô-nûn ( perempuan )

Mereka : gû-dû-rûn

Kamu ( formal ) : tang sin-ûn

Mengapa : o-jjae-so

Siapa : nu-gu (who), nu-gu-rûl (whom)

Milik siapa : nu-gu-ûi (whose)



from : AnNandhaa Skullhonq'kibummine CalmFishyelf



. Yeobo : suami .

.... Yeongwonhi : selamanya .

. Shalkka : beli .

. Onjena : dulu .

. Kkum : mimpi .

. Hana : bunga .

. Honja dasi tto : sendiri .

. Nunmul : air mata .

. Kaseumap'a : hatiku t'luka .

. Naneun : saya (spti ; i'm) .

. Doneun : kamu (spth ; you are) .

. Eottobukaeyeo : serahkn pdaku .

. Miciegetta : aku spt org gila .

. Joha / johahae : suka .

. Bogoshipeo : aku rindu kamu (nonformal) .

. Bogoship'da / bogoship'ta : aku rindu kamu (formal) .

. Molla : lupa .

. Goyya : lari .

. Barabwa : lihatlah aku! .

. Kajimaeyo : jgn pergi .

. Dongsaeng : adik .

. Magnae : termuda .

. Dwaeji : babi .

. Ghae : anjing .

. Halmeoni : nenek .

. Abanie : kakek .



from : Candy Eyes

nomu = sangat

shipo = ingin/mau

neohui = kalian

jakku/meil/hangsang = selalu

arayo/araseyo = tau/ mengerti

andoe = tdk boleh, jngan

gamsahamnida = trima kasih

mi= cantik

minam = ganteng (laki-laki)

minyeo = cantik (perempuan)

meosisseoyo = keren

anjuseyo = duduklah

geurae = jadi

na/jeo = aku

neo = kamu

nae : na + ui = milik aku

jincha = bnar2

eonu/muoseun = jenis apa, yang mana?

na neun/ jeoneun : na + neun = subjek saia sdang dijadikan topik pmbicraan



nae/je = milik saya

...ne : neo + ui = milik kamu

sada/sayo = membeli

harabeoji = kakek

halmeoni = nenek

omoni = ibu (lebih sopan dari eomma)

aboji = ayah (lebih sopan dari appa)

honja = sendiri



kata benda + ga/i = (menandakan subjek dari suatu kalimat)

kata benda + do (na + do /nado = aku juga)

kata benda + eul/reul = (menandakan objek dari kalimat)



ghamsahamnida kpd memberdeul yg udah mau ngoreksi ^^b





terus, ini Beberapa Arti Bahasa Korea ( bag.2 )

gabang : tas

mun : pintu

chaeg : buku

jiugae : penghapus

chilphan : papan tulis

changmun : jendela

sigye : jam

chaegsang : meja

jib : rumah

euija : kursi

hwaesa : perusahaan

gongjang : pabrik

joe : saya

hagsaeng : murid

sangsoengnim : guru

boeseu : bus

sajoen : kamus

jajoengoe : sepeda

yoenphil : pensil

jadongcha : mobil

sigdang : rumah makan

byoengwoen : rumah sakit

hagyo : sekolahan

sagwa : apel

gyul : jeruk



meori : kepala

eolgul : muka

nun : mata

pal : lengan

gaseum : dada

ko : hidung

gwi : telinga

ip : mulut

mok : leher

son : tangan



jeonhwa : telepon

jeonhwareulgeolda : menelepon

beonho : nomor

kkeunta : menutup

gidaryeo juseyo : tunggu sebentar

saram : orang



senang bertemu denganmu : mannaseo ban gapsseumnida



semoga harimu menyenangkan : cheurkoun haru dweseyo



silahkan tunggu sebentar : chamsi gidaryojusipsio



na paegopayo : saya lapar enak sekali : jeongmal masisoyo mwo moggosipoyo? : mau makan apa? teuseyo : silahkan makan



chonun mollayo : saya tdk mengerti silyehamnida : permisi calkayo : selamat jalan kalkkayo : selamat tinggal



ppalgang : merah

parang : biru

norang : kuning

geomjeong : hitam

a-nae : istri

nam-pyeon : suami



chulyo : mengantuk

cabayo : memegang

boryoyo : membuang

miroyo : dorong

gongbuhaeyo : belajar

ironayo : bangun

ilhaeyo : bekerja

wayo : datang

gayo : pergi

chayo : tidur



jal jinaeyo : baik baik saja

ireum-i mwoyeyo? : siapa namamu?

jigeumeun mwohago isseoyo? : sekarang lagi ngapain?

meokgosseoyo? : kamu sudah makan belum?

jeonhwa be oneoneun mwoyeyo? : berapa no. Hpmu?

odi saseyo? : dimana anda tinggal?



manhayo : banyak

suiwoyo : mudah

oryowoyo : sulit

pebulloyo : kenyang

pegophayo : lapar

pogosippoyo : kangen

keuriwoyo : rindu

matsisseoyo : enak

matseopseoyo : tidak enak

kakawoyo : dekat

moroyo : jauh

mugowoyo : berat

ssayo : murah

bissayo : mahal

siwonhaeyo : sejuk

chuwoyo : dingin

towoyo : panas

aphayo : sakit



untuk post ini sepertinya gak ada yg nambahin, hehehe.. ^^



dan..jeng jeng...

inilah part 3nya... ^^



Beberapa Arti Bahasa Korea ( bag.3 )

tunggu dulu ya, aku belum cari *ditendang* hehehehhe... >

tapi ini ada pelajarang tentang "Kamus Cinta Dalam Bahasa Korea"

not from me, tapi ini dari pelajarannya kbpk class.. ^^v



1.
사랑 ( sarang ) dalam bahasa Korea artinya cinta .

2.
사랑 하다 ( sarang hada ) = mencintai. kata ini disebut Verb base ( kata kerja dasar ). Dalam contoh sederhana : 나는

너를 사랑 하다 ( Naneun neoreul sarang hada ) ” aku mencintaimu “

3.
사랑해 ( sarang hae ) : kata ini digunakan untuk menyatakan ke akraban ( intimate ). sedangkan halusnya ( polite) adalah 사랑 해요 ( sarang haeyo ).

4.
사랑합니다 ( sarang hamnida ) : mencintai.digunakan dalam kalimat formal -hormat.저는 당신을 사랑합니다 ( jeoneun dangsineul sarang hamnida ) “saya mencintai anda “. Sedangkan dalam kalimat pertanyaan, 사랑합니다 ( sarang hamnida ) dirubah menjadi 사랑합니까? ( sarang hamnika ? )

Catatan :

a. Huruf akhir ( bachim )
( b/p ) ketika bertemu dengan ( n ) maka dibaca ( m ).받침 , [p] + [n] / [m]

─> [m.n , m.?] / [m.m]

b. Dalam bahasa korea dikenal ada bahasa pergaulan (
) dan bahasa halus/hormat ( 존대 ).

5.
사랑 하시다 ( sarang hasida ) adalah bentuk kehormatan ( kromo inggil dlm bahasa jawa ).

6.
사랑 하지 하다 ( sarang haji mot hada ): tidak mampu mencintai

7.
사랑 할수있다 ( sarang hal suitda ) : bisa mencintai

8.
사랑 수없다( sarang hal sueopda ) : tidak bisa mencintai. kata ini adalah bentuk negatif dari sarang hal suitda. Secara umum lebih sering digunakan kata ”사랑 하지 하다 ( sarang haji mot hada ): tidak mampu mencintai.

Mungkin kita juga pernah mendengar kata di bawah ini :

9.
사랑 할수록 ( sarang hal surok ) = semakin mencintai , misalnya ada lagunya Boohwal 사랑 수록, yang liriknya : 너를 사랑하면 수록 ( neoreul saranghamyeon hal surog ) = semakin lama mencintai maka akan semakin sayang.

10.
사랑한 다고 ( sarang han dago ) = ” ( aku bilang) aku mencintamu ” ./ 다고 (-n/neundagoyo) adalah akhiran yang mengulangi pernyataan seseorang . Hal ini dapat digunakan untuk menekankan, menegaskan kembali, atau bila digunakan dalam bentuk pertanyaan, untuk mengkonfirmasi pernyataan sebelumnya.

Beberapa kata tentang cinta :

사랑에 빠지다 ( sarang ppajida ) = jatuh cinta

사랑을 고백하다( sarang gobaek hada )= pengakuan cinta

첫사랑 ( cheossarang ) = cinta pertama

사랑하는 ( sarang haneun ) = kekasih.

눈먼 사랑 ( nun meon sarang ) = cinta buta

깊은 사랑 ( kipeun sarang ) = cinta yang mendalam

없는( sarang eopneun ) = tanpa cinta

사랑스러운( sarang sereoun ) = cinta yang berkesan,

순진한 사랑 ( sonjinan sarang ) = cinta murni



1. Ch'ônnun = pandangan pertama

2. Ch'ôssarang = cinta pertama

3. Kalsaek = coklat

4. Sarang = Cinta

5. Nae Yoja Chin-gu Ga Dwae-O Jullae = Maukah kau jadi pacarku?

6. Nôl kûriwohal gôya = Aku akan merindukanmu

7. Nôrûl hangsang saranghal gôya = Aku akan selalu mencintaimu

8. Nôl yôljunghanda = aku tergila-gila padamu

9. Nôl saranghanda = aku cinta padamu

10. Nôl saranghædo doeni? = bolehkah aku mencintaimu?

11. Dô mani saranghæ = cintai aku lebih banyak

12. Nôl joahajiman saranghaji ana = aku suka padamu, tapi aku tak mencintaimu lagi

13. Nôl saranghæssô = aku cinta padamu (dulu).(lampau)

14. Saranghada = mencintai (sangat)

15. Chohada = suka

16. Cho-a ha-da = menyukai

17. Yônae = asmara

18. Saranghanun = kekasih

19. Sarang-su-rop-ge = sayang

20. Sarang hae (yo) = Aku mencintaimu(tambahan yo = lebih sopan dan penuh penekanan)



Taked From :

KBPK Group

cr : korea maniac + KBPKfamily

Via: KBPKfamily n' Blog http://kbpkoreafamily.blogspot.com/2010/11/kamus-cinta-dalam-bahasa-korea.html



chingu, mohon kalo mau post ulang,

cantumin creditnya ya... ^^

kta saling menghargai, >



sekiaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnn

semoga bermanfaat.. ^^b
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Soft Connection 2011 -2013 | Design by Dicky Veryansyah | Published by Cool Templates | Powered by Blogger.com.